(081) 1681-9755        rspn@unsyiah.ac.id

Hak dan Kewajiban Pasien dan Keluarga Pasien

HAK PASIEN

            1. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi;
            2. Memperoleh pelayanan medis yang bermutu sesuai dengan standar profesi kedokteran/kedokteran gigi dan tanpa diskriminasi;
            3. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi;
            4. Memilih dokter dan dokter gigi serta kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku dirumah sakit;
            5. Meminta konsultasi tentang penyakit yang diderita kepada dokter dan dokter gigi lain yang mempunyai Surat Izin Praktik (SIP) baik didalam maupun luar rumah sakit;
            6. Pasien berhak mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medis;
            7. Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan
                prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan;
            8. Memberikan persetujuan atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya;
            9. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis;
            10. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal tersebut tidak mengganggu pasien lainnya
            11. Memperoleh keamanan keselamatan dirinya selama dalam perawatan rumah sakit;
            12. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan rumah sakit terhadap dirinya.
            13. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan kepercayaan yang dianut;
            14. Mendapatkan perlindungan atas rahasia kedokteran termasuk atas kerahasiaan rekam medis;
            15. Mendapatkan terhadap akses isi rekam medis;
            16. Memberikan persetujuan atau menolak untuk menjadi bagian dalam suatu peneliatian kesehatan;
            17. Menyampaikan keluhan atau pengaduan atas pelayanan yang diterima;
            18. Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
            19. Menggugat dan atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara secara perdata atau pidana.




KEWAJIBAN PASIEN

            1. Mematuhi peraturan yang berlaku di Rumah Sakit;
            2. Menggunakan fasilitas Rumah Sakit secara bertanggung jawab;
            3. Menghormati hak-hak pasien lain, pengunjung dan tenaga kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di Rumah Sakit;
            4. Memberikan informasi yang jujur, lengkap dan akurat sesuai kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya;
            5. Memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan kesehatan yang dimilikinya;
            6. Mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit dan disetujui oleh pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan
                 sesuai ketentuan perundang-undangan;
            7. Menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan dan atau yang tidak mematuhi
                 petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan dalam rangka menyembuhkan penyakit atau masalah kesehatannya;
            8. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diberikannya.